Arti Kesombongan

23 May 2009
Posted by Yudie

الحمد لله رب العالمين . والصلاه والسلام على سيدنا محمد سيد الأولين والآخرين وعلى اله وصحبه ومن اهتدى بهديه الى يوم الدين. اما بعد.

Segala puji bagi Allah tuhan sekalian alam, semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap terlimpahkan atas penghulu manusia, baik yang dahulu maupun yang belakang, yakni junjungan kita Nabi Muhammmad SAW. Begitu juga keselamatan dan kesejahteraan terlimpahkan atas segenap keluarga dan sahabatnya. Semua orang-orang yang mengikuti petunjuknya sampai hari kemudian.

Yang terhormat kepada dewan guru dan teman-teman yang saya cintai, dan kepada hadirin sekalian yang dimulyakan Allah, pada kesempatan hari ini saya akan menyampaikan beberapa hal tentang arti sombong seperti yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :

إن الذين يستكبرون عن عبادتى سيدخلون جهنم داخرين

Artinya : ''Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahanam dalam keadaaan hina".

Hadirin semua yang saya mulyakan.

Dari hadis diatas jelas bahwa orang yang sombong tidak akan bisa masuk surga walaupun kesombongan itu hanya sedikit, karena kesombongan itu hanya milik Allah, maka dari itu sifat sombong harus dibuang jauh-jauh dan jangan sampai merasuk kedalam hati sanubari kita, kalau tidak demikian yang pasti kita tidak akan bisa masuk surga dan akan dibuang keneraka yaitu neraka jahanaam. Kemudin bagi orang-orang yang suka berpakaian bagus, sandal dan bersepatu bagus dan kerudung bagus tidak bisa dikatakan sombong sebab Allah SWT menyukai yang indah dan keindahan, maka kita diperbolehkan untuk menggunakan pakaian, sandal dan peci yang bagus dan perlu diketahui oleh para hadirin dan hadirot. Sombong itu dapat dikelompokan dalam tiga macam ;

  1. Sombong kepada Allah, yaitu menghiraukan dan tidak memperdulikan perintah dan larangan Allah.
  2. Sombong kepada Rosululllah, yaitu seperti yang dilakukan oleh orang-orang Qurisy dan kaum Yahudi pada jaman dahulu yang tidak mau mengikuti ajaran Nabi yaitu ajaran yang diridoi Allah.
  3. sombong kepada sesama , yaitu mereka yang merasa dirinya lebih baik dari orang lain padahal belum tentu baiknya.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Dan semoga kita semua bukan termasuk orang-orang yang sombong. Amin Yaa Robbal'alamin.

Dan jika ada sumur diladang bolehkah kita menumpang mandi kalau ada umur panjang Insya Allah kita akan berjumpa lagi.

و با الله توفيق والهداية . والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Oleh Kang Ustad Amrin.

0 comments: